-->

Type something and hit enter

By On
Apa itu mental? Kata mental diambil dari bahasa Latin yaitu dari kata mens atau metis yang memiliki arti jiwa, nyawa, sukma, roh, semangat. Dengan demikian mental ialah hal-hal yang berkaitan dengan psycho atau kejiwaan yang dapat mempengaruhi perilaku individu. Setiap perilaku dan ekspresi gerak-gerik individu merupakan dorongan dan cerminan dari kondisi (suasana) mental.

Sekarang bagaimana dengan mental pada hewan? berbeda dengan ayam bangkok, justru ayam bangkok ini menekankan kemampuan mental serta fisik yang baik oleh pemiliknya agar, tentu saja menjuarai pertarungan sabung. Simak cara membangun mental dan fisik ayam bangkok berikut dibawah ini:

1. Memberikan obat / vaksin / jamu ayam bangkok.
2. Biasakan berjemur setelah dibasahi air pada waktu pagi dan siang hari tidak perlu lama 1-10 menit.
3. Memberikan rangsangan pergerakan: mengitari kurungan dengan cara menaruh ayam lain pada dua kurungan besar dan kecil.
4. Terkadang perlu membaurkan ayam di pelataran.
5. Ada juga yang memberi sedikit daging kambing 2-3 kali dalam satu bulan.

Kondisi pada saat tertentu seperti menyulamnya bulu ayam bangkok (berganti bulu) tidak dianjurkan berlebihan melakukannya. Untuk itu abar secara bertahap dengan waktu yang sedikit terus bertambah dapat melemaskan otot agar tidak kaku, setelah stabil "kondisi sehat" lakukan perawatan biasa sehari-hari.

Memperlakukan keseharian seperti diatas tentu dapat menjadikan mental dan fisiknya menjadi lebih tangguh, diberbagai daerah tentu berbeda.

6 komentar

avatar

salam kenal..... saya pak roy dari papua.
pak ayam saya tidak bersemangat kelihatan lesu, dan tidak enak makan kayak ayam lagi sakit gitu... mohon solusinya pak... terima kasih.

avatar

Asalamu alaikum pak, saya djavar dari kota bitung saya mau tax pak Kalau cara merawat ayam penakut gimana biar berani sama lawan umur ayam saya udah se tahun lebih tapi masi takut sama lawan itu gmna y pak?

avatar

Coba di umbar pak, jangan dicampur dengan ayam yang lebih dewasa seharusnya lebih kecil tidak apapa.

avatar

numpang nanya juga pak. salam kenal dari kota Malang Pingiran.. sy pnya ayam jago udah umur 1 thn lbih, pemberian pakan gizi dan vitamin juga terpenuhi.. ayam tumbuh besar dan sehat... seharusnya udah siap mental untuk abar/gebrak.. Tetapi..?

yg saya tanyakan.. ayam tdk mau bertarung dan takut kalao melihat ayam jago laennya.. padahal udah d umbar di tmpat yg luas sy campur babon dan ayam kecil2.. terimakash.

avatar

Sedikit solusi..
Ayam nya pucat ga pak? trus makan nya susah? klo iya coba alihkan pola makannya dr pagi jd siang skitar jm 1 atau sehari sekali aja. Satu jam stelah dberi makan kasih multivitamin sangobion 1 kapsul aja. Coba slama tiga hari brturut2 dngan pola yg sma. Jngan lupa lepas ayam atau di umbar supaya ayam tidak stres.

avatar

Ini biasanya lebih ke pembawaan.

Click to comment