• Memilih Babon Indukan yang Berkualitas

    Bagi penghobi Ayam Aduan yaitu Bangkok tentu ingin memiliki ayam yang mampu menggebrak di arena pertarungan, ayam yang bagus dan berkualitas tentu menjadi bahan pertimbangan dalam memilih ayam aduan. Namun dalam memilih ayam aduan yang bagus dan berkualitas tentu tidak luput dari seekor indukan atau babon dan pejantan yang unggul dalam segi fisik, teknik bertarung dan pukulan. mengapa demikian? karena seekor babon bangkok yang bagus dan berkualitas serta pejantannya tentu akan menghasilkan keturunan yang bagus dan berkualitas juga, untuk itu harus jeli dan paham dalam memilih ayam indukan yang bagus juga berkualitas.
    Memilih babon yang memenuhi kriteria memang tidak begitu mudah dan cenderung sulit, ayam jago aduan lebih mudah dikenali dengan ciri fisik dan teknik atau gaya bertarung dalam menghadapi berbagai macam lawan. Seperti dalam artikel sebelumnya yaitu ciri ayam berdasarkan fisiknya tentu dapat menjadi referensi dalam memilih ayam jago aduan yang bagus dan berkualitas. Bagaimana dengan cara memilih ayam babon atau indukan yang baik dan berkualitas? dalam mengenali babon terdapat dua tipe yaitu:
    • Ayam babon unggul dan ayam babon cetak, babon unggul adalah babon pilihan, mempunyai sifat dominan terhadap keturunan sehingga anak - anaknya mewarisi kelebihan yang dimiliki oleh induknya, memiliki silsilah keturunan yang bagus, kondisi fisik yang bagus seperti tulangan, bentuk badan yang bagus dan gaya bertarung yang baik. ketika dikawinkan dengan pejantan yang kurang bagus pun, anak yang dihasilkan akan cenderung ikut induk dan lebih bagus dari pejantannya. Babon unggul biasanya berasal dari jalur murni.
    • Babon Cetak SuperBabon cetak adalah babon yang cenderung resesif dalam menghasilkan keturunan. Anak yang di hasilkan akan cenderung mirip atau sama seperti dengan pejantannya. Seekor walau pun babon cetak yang bagus, akan menghasilkan anak yang kurang bagus ketika pejantannya jelek. Sebaliknya ketika menghasilkan anak yang bagus apabila pejantannya bagus. Jika babon cetak dikawinkan dengan pejantan jelek dan anaknya bagus, maka ia gugur dalam kriteria babon cetak dan menjadi tidak jelas, maka alternatif selanjutnya adalah harus menggantinya.
    Babon cetak dapat mencetak fisik, teknik atau cetak semuanya. Untuk mengujinya adalah dengan mengawinkan berbeda bulu atau bentuk jengger yang beda. Jika bulunya hitam maka akan menghasilkan anakan yang berbulu hitam, begitu juga jengger, badan, tulangan dan segala hal tergantung pada pejantannya. Seekor babon yang cetak sempurna, harganya bisa amat mahal dan tidak realistis. Babon cetak bisa berasal dari jalur murni (BK) maupun campuran (F1 dan F2) atau turunan yang sudah jauh.

    4 comments → Memilih Babon Indukan yang Berkualitas

    1. Anonymous said... March 21, 2013
      This comment has been removed by a blog administrator.
    2. Iya mas, saya punya Ayam babon unggul & Cetak, artikel ini benar saya membuktikannya. Yang babon unggul punya anak dari jago yang ciri jagonya paruhnya panjang tapi hasil kawin dengan babon unggul anaknya tidak ada yang persis dengan bapaknya, tapi di ekor anaknya sama dengan bapaknya. Kalau babon cetak, memang persis nurun dari pejantannya.

    3. david said... April 29, 2013

      saya lg nyari babon cetak klw ada yg jual tlg hubunggi 082147900173

    4. wah hebat juga yamciri2 baboln cetak gmna gan?trim

    Post a Comment

    Tinggalkan tanggapan/komentar sobat semua di Portasen[blogs] jangan menggunakan anonymous karena nanti akan terhapus, sisipkan link agar mendapatkan kunjungan balik. Jika ingin menyisipkan kode dalam komentar sebaiknya convert dulu menggunakan HTML Encoder. Meluncur ke "Subscribe by Email": agar segera mengetahui balasan komentar. memulailah berdiskusi, mengajukan pertanyaan dan berbagi opini. No! kata-kata kotor, caci maki, bahasa kasar atau konten lain yang tidak menyenangkan. Terimakasih, salam hangat.

Light Dark