• Cara Merawat Ayam Aduan

    Dalam menjalani rutinitas keseharian, kesehatan adalah modal utama untuk dapat melakukan segala kegiatan apapun. Kesehatan sangat berpengaruh pada kondisi tubuh, tidak heran jika sedang mengalami gangguan kesehatan maka akan merasa sungkan untuk melakukan pekerjaan. Jaman dahulu sering terdengar kutipan "Lebih baik menjaga daripada mengobati" toh, menjaga hanya perlu melakukan pengaturan dalam pola hidup yaitu pola hidup sehat. Sehat itu dapat terlihat dari segi fisik. Daya tahan tubuh bisa saja berubah ketika fisik tidak terlatih atau terbiasa. Sama halnya dengan ayam bangkok aduan, ayam  aduan dapat sehat fisik dan terlatih dengan ketahananan tubuh yang prima jika dirawat secara baik dan teratur. Cara merawat ayam aduan yang baik dapat dilakukan dengan bermacam-macam, setidaknya selalu teratur dan tidak berubah. Artinya merawat ayam aduan secara teratur adalah memberikan perawatan secara terus-menerus tanpa berubah-ubah sebab akan menjadi sulit untuk mendapatkan kondisi prima.
    Ayam Aduan Jawara
    Si Cantik
    Ciri ayam aduan yang sehat secara fisik terlihat pada raut muka yang merah dan segar, mata yang tajam serta jika dimandikan akan berwarna merah dari wajah hingga lutut dan selangkangan kaki. Cara merawat ayam aduan agar tetap dalam kondisi prima, tergantung pada yang merawat. Bisa dilakukan dengan mengeluarkan ayam dari kandang pada pagi hari yang cerah (tidak mendung), kemudian memandikan serta menjemur hingga beberapa menit atau beberapa jam saja (jika panas tidak besar) lalu teduhkan. Sebelum dijemur usahakan agar diberikan pakan ada perbedaan antara memberikan pakan dipagi hari dan sore hari, jika pagi hari hanya secukupnya saja, kenapa? agar berat badan ayam aduan tidak bertambah atau setabil. Jika tidak, maka berdampak pada tubuh yang sebelumnya sudah ideal menjadi susah dikembalikan. Untuk itu secukupnya saja karena nanti pada saat di sore hari akan diberikan pakan yang kenyang, tempat penyimpanan makanan pada ayam atau yang biasa di sebut teli full. Agar menjaga tubuh ayam aduan terjaga pada siang hari bilas dengan air (memberi minum secukupnya) tidak memandikan dan begitu pun pada sore hari. Untuk pemberian pakan ayam pukul lebih baik ditambahkan gabah dan mengurangi beras merah.
    Mengurung dalam ranggap atau kandang umbaran lebih baik tanahnya ditaburkan pasir agar tidak kotor dan ayam dapat kipu "mandi pasir", Jika ingin melatih fisik biasakan setelah dimandikan, sebelum dijemur berikan umpan pada kurungan kecil yang dilapis kurungan besar untuk berlari-lari. Maksudnya, jika dalam kurungan kecil berlapis kurungan besar di dalamnya terdapat ayam umpan maka ayam yang dilatih akan secara spontan mengelilingi kurungan tersebut. Lapisan kurungan besar berfungsi untuk memberikan sekat agar ayam tidak saling memukul, kalo di daerah saya namanya pecoan, bahaya. Untuk 3 kali dalam seminggu sebaiknya ayam aduan diberi obat-obatan atau jamu yang biasa dipakai, kalau bisa mending menggunakan jamu tradisional atau bukan obat toko, terkadang lebih top cer loh, wew, encer.. xixixi. Perawatan secara teratur, memberikan hasil yang baik serta kondisi yang sehat bagi ayam aduan. "Jangan menjemur terlalu lama saat terik matahari panas karena dapat menyebabkan kematian".

    2 comments → Cara Merawat Ayam Aduan

    1. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    2. Peternak ayam aduan(087836293132)
      artikel anda sangat bagus..........

    Post a Comment

    Tinggalkan tanggapan/komentar sobat semua di Portasen[blogs] jangan menggunakan anonymous karena nanti akan terhapus, sisipkan link agar mendapatkan kunjungan balik. Jika ingin menyisipkan kode dalam komentar sebaiknya convert dulu menggunakan HTML Encoder. Meluncur ke "Subscribe by Email": agar segera mengetahui balasan komentar. memulailah berdiskusi, mengajukan pertanyaan dan berbagi opini. No! kata-kata kotor, caci maki, bahasa kasar atau konten lain yang tidak menyenangkan. Terimakasih, salam hangat.

Light Dark